Dengan Perahu Logistik Pilkada 2020 Didistribusikan Ke Pulau Kecil Simonet


KAJEN
- Dengan menggunakan perahu,logistik Pilkada 2020 didistribusikan ke Pulau Simonet masuk Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Kodim 0710 Pekalongan dan Polres Pekalongan mengawal petugas pemungutan suara (PPS) dari Kecamatan Wonokerto,dan dibutuhkan waktu sekitar 10 menit agar sampai di daratan dukuh Simonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto,dengan cara menyusuri sungai wonokerto yang arusnya cukup deras menggunakan perahu.

Tidak hanya itu,setelah sampai ke daratan, petugas harus jalan kaki sekitar 3 kilometer menyusuri hutan bakau agar sampai ke TPS 05 Dukuh Simonet.

Pengiriman logistik di Simonet memang yang terakhir diantara semua daerah di Kabupaten Pekalongan.Namun berkat kerja keras seluruh tim pendistribusian logistik ke Simonet berjalan lancar dan selesai pada siang hari.

"Pengawalan logistik pilkada yang di TPS 5 untuk Dukuh Simonet ini alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan dan berjalan dengan aman.Dimulai dari PPS tadi, di kawal dari Polri, TNI, PPK, panwscam, ini semuanya sudah terlibat dan lancar,"ungkap Kapolsek Wiradesa AKP Agus Sulis.Selasa (8/12/2020).

Dikatakan,dalam pengamanan TPS di Dukuh Simonet ini, akan ada satu personil dari Polri, satu personil dari TNI, dan satu personil dari Linmas.

"yang perlu diwaspadai yakni perubahan cuacanya.Mudah-mudahan di Dusun Simonet tidak mengalami rob tinggi dan logistiknya sudah diamankan oleh KPPS," ujarnya.


Jumadi,PPS Wonokerto mengatakan, di Wonokerto ada tiga TPS yang rawan bencana,yakni di Dukuh Simonet TPS 05, TPS 11, dan TPS 12 berada yang berada di Desa Wonokerto Wetan.

"Di Dusun Simonet pada tahun lalu keadaannya berbeda dengan sekarang.Dulu tidak ada airnya, sekarang banyak jalan yang tergenang bahkan akses jalan ke Dukuh Simonet aja sudah terputus.TPS yang ditempati sekarang saja merupakan jalan baru,"terangnya.

Adapun untuk kendala,ditakutkan terjadi perubahan cuaca yakni gelombang tinggi,bahkan apabila air pasang ketinggian gelombang bisa mencapai 1 sampai 2 meter.Namun Pihaknya mengaku telah menyiapkan tempat TPS cadangan.

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 05 Dukuh Simonet Rasjoyo mengatakan, ada 180 pemilih di Dusun Simonet.

"Untuk akses sebenarnya ada dua, jalur darat dan jalur laut.Jalur darat harus melewati Pantai Depok , namun jalur tersebut sudah tidak bisa dilewati karena jalannya terputus sejak 6 Juni 2020, karena diterjang ombak. Sehingga, harus melewati jalur menggunakan perahu," katanya.

Kemudian, apabila cuaca di hari pencoblosan tidak mendukung dan air pasang naik ia sudah menyiapkan lokasi cadangan yang lebih aman.

"TPS yang akan didirikan besok itu lokasinya sudah aman dari air pasang, namun apabila cuaca besok berubah dan air naik maka akan dipindahkan, kami sudah menyiapkan tempatnya," tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.