Kodim 0710 Pekalongan Panen Raya Bersama Petani Sidomukti, Hasilkan 10 ton/hektar

BERITA PEKALONGAN, KAJEN - Kodim 0710 Pekalongan bersama petani melakukan panen raya padi di lahan seluas 16 hektare (ha) dengan jenis padi mapan di Desa Sidomukti, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Panen raya yang berlangsung Selasa (16/3/2021) tersebut unik karena lahan padi awalnya merupakan bekas kebun singkong dan tebu yang sudah tidak produktif (lahan tidur) kurang lebih selama 28 tahun, namun ternyata mampu memproduksi padi yang lebih banyak dibandingkan lahan sawah di sekitarnya.

"Untuk hasilnya, perbandingannya 40 persen lebih banyak dari sawah lain. Jika sawah lain dalam 1 hektare menghasilkan 5-6 ton gabah, kami menghasilkan 9-10 ton," ujar Komandan Kodim 0710/Pekalongan, Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan.

Dandim mengungkapkan bahwa salah satu keberhasilannya meningkatkan produksi padi adalah dengan penggunaan pupuk cair organik.

"Dengan menggunakan pupuk cair organik extragen itu taktik khususnya," ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam menjalankan program tanam padi tersebut, Kodim 0710 Pekalongan bersama petani banyak dibantu dan dibimbing pihak swasta serta BPD Jawa Tengah untuk permodalannya.

Namun demikian menurutnya, meski hasil panen meningkat tapi belum menjamin meningkatnya kesejahteraan petani. Masalahnya, sebelum tanam, petani berhutang ke tengkulak. Terkait hal itu, Dandim sudah menyiapkan cara guna memutus mata rantai para tengkulak tersebut.

" Saya punya mekanisme bagaimana program saya yang terutama adalah bagaimana menumpas tengkulak. "

Petani apabila mau tanam dan tidak punya modal, tidak perlu hutang ke tengkulak, tetapi melalui Koperasi Kodim 0710 Pekalongan. Harapannya, produktivitas padi yang meningkat dapat berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan petani.(gt)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.