Lebaran Tahun ini Tercatat Hanya 150 Mobil Pemudik yang Masuk Kota Pekalongan

lebaran-tahun-ini-hanya-150-mobil-pemudik-masuk-kota-pekalongan

KFM PEKALONGAN, KOTA - Operasional pos pengamanan (pospam) sekaligus pos penyekatan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2021 di beberapa titik pintu masuk Kota Pekalongan diperpanjang hingga 24 mei mendatang. Sebelumnya dijadwalkan hanya sampai 17 mei saja. Hal ini ini guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang mungkin terjadi usai libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Adapun untuk Pos penjagaan di Kota Pekalongan ada tiga titik yakni monumen (THR), exit tol/depan Grosir Setono, dan Kawasan Alun-Alun Nusantara. Kemudian untuk pos penyekatan di Samsat kota Pekalongan, Exit tol, dan Terminal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan melalui Sekretaris Dinhub, Aprilyanto Dwi Purnomo,SE,MSi menjelaskan, selama larangan mudik lebaran tahun ini tercatat sebanyak 150 kendaraan pemudik yang memasuki wilayah Kota Pekalongan, dengan rincian 135 pemudik dari luar daerah Kota Pekalongan,sementara 15 pemudik sisanya merupakan warga lokal asli Kota Pekalongan dengan plat nomor luar daerah.

"Hampir seluruh dari pemudik sudah membawa hasil tes PCR negatif Covid-19 khususnya pemudik dari arah barat, sisanya yang tidak membawa hasil tes PCR,mereka sudah diminta untuk mengikuti swab antigen di pos penyekatan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan, dan Alhamdulillah hasilnya juga negatif," kata April.

Dikatakan, arus mudik selama lebaran tahun ini turun drastis jika dibandingkan dua tahun lalu. Apalagi adanya instruksi dari Pemerintah Pusat mengenai larangan mudik membuat volume kendaraan yang mudik maupun arus balik turun secara signifikan.

"Kemarin saat arus mudik lebaran, kendaraan yang diputarbalik jumlahnya sangat kecil tidak ada 10 karena kebanyakan sudah membawa hasil tes PCR negatif Covid-19,” ucap April.

Sampai saat ini bisa dikatakan pengamanan lebaran dan arus balik lancar. Hal itu tentu tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama yang baik dengan instansi terkait seperti TNI,POLRI,Satpol PP, Dinkes, dan lain sebagainya.

             Baca Juga :

Penulis : Tiwi Maharani | Editor : Brams | Berita Pekalongan dapat anda dengarkan melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone |

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.