Pemkab Pekalongan Dorong Budidaya Lele di Desa Jeruksari

dinas-kelautan-kabupaten-pekalongan
KFM PEKALONGAN, TIRTO - Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah-wilayah ekonomi rendah, Pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Pekalongan berikan bantuan berupa 20 ribu benih ikan lele kepada kelompok tani di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto. Penebaran benih ikan lele tersebut dilakukan pada hari Jumat, (30/7/2021). 

Desa Jeruksari merupakan satu dari enam desa di Kabupaten Pekalongan yang dikategorikan sebagai desa dengan ekonomi rendah. Karenanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) mendorong warga setempat agar melakukan budidaya ikan lele. Harapanya, selain bisa mengangkat perekonomian juga akan meningkatkan nilai konsumsi ikan. Hal itu dikatakan oleh Sirhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan). 

"Kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dengan anggaran 68 juta rupiah. Bantuan sarana percontohan budidaya lele ini terdiri dari 10 kolam dengan benih sebanyak 20 ribu ekor. Masing masing 1 kolam diisi 2 ribu ekor. Dan ada 2340 kg pakan yang digunakan sampai panen,” kata Sirhan. 

Sementara Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, dalam sambutannya berpesan, agar Dinlutan melakukan pendampingan secara berkelanjutan supaya hasil panennya lebih maksimal. Selain itu akan semakin baik lagi apabila dari Dinas juga bisa membantu dalam pemasarannya. 

"Pemasarannya itu coba dibantu, kalau mereka tidak tahu akhirnya dibeli dengan harga dibawah rata-rata, kan kasihan. Tapi kalau memang sudah ada yang membutuhkan dan bisa kontrak kerja itu malah lebih bagus, sehingga panennya ini mendapat harga yang terbaik." 

Budidaya ikan lele ini tidak hanya pembesaran saja namun juga pembenihan. Adapun untuk wilayah Kecamatan Tirto selain di desa Jeruksari juga terdapat di desa Mulyorejo, Sambiroto, dan Pabean. Rencananya, Dinlutan juga akan melakukan percontohan budidaya lele ini di desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar dengan menggunakan sumber dana dan nilai anggaran yang sama. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm| Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.