Dapat Rumah, Tanah 2 Hektar, Uang saku, Namun Minat Bertransmigrasi Makin Langka

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Minat masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk mengikuti transmigrasi semakin berkurang. Terbukti meskipun hanya mendapat satu kuota saja untuk tahun ini namun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pekalongan tetap kesulitan mencari masyarakat yang bersedia bertransmigrasi. 

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pekalongan, Edi Herijanto mengatakan, untuk tahun ini Pemprov Jateng menyediakan 10 kuota transmigrasi, dan dari jumlah itu Kabupaten Pekalongan memperoleh satu kuota. Namun demikian pada masa sekarang ini makin sulit untuk mencari masyarakat yang bersedia hijrah keluar daerah. 

"Jawa tengah ada 10 KK, Kabupaten Pekalongan alhamdulillah dapat 1 KK. Awalnya sudah disosialisasikan bulan maret, terus nggoleke angel, ora ono peminat. Kita njaring itu sampai keliling, sulit sekarang. nah, alhamdulillah ini bisa nemu, orang tanjung sari. Penempatane di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah." 

Menurut Edi, banyak faktor yang menyebabkan kini makin sulit mencari masyarakat yang bersedia berangkat transmigrasi, diantaranya adalah karena aturan yang sekarang lebih ketat. Dulu banyak warga yang berminat transmigrasi, namun sesampai disana setelah beberapa waktu, tanah serta rumah yang diberikan dijual lalu pulang ke daerah asal. 

"Ora seperti dulu, mangkat bali, mangkat bali, nek saiki kan ora iso, harus bener-bener menetap disana. Kalau dulu kan transmigrasi balik maneh tanahe di dol, terus ngko daftar maneh." 

Edi menambahkan, untuk peserta transmigrasi akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti rumah tinggal, lahan pertanian seluas 2 hektar dan itu menjadi hak milik. Selain itu peserta juga akan mendapatkan uang saku sebanyak 14 juta dan semua biaya pemberangkatan sudah ditanggung oleh pemerintah daerah. Adapun rencananya, calon transmigran dari Kabupaten Pekalongan akan diberangkatkan pada bulan november tahun ini. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan dapat didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.