Kecamatan Wonopringgo jadi Percontohan Gerakan Vaksinasi Ibu Hamil

KFM PEKALONGAN, WONOPRINGGO - Untuk menjaga keselamatan dan kesehatan ibu hamil dan bayi di masa pandemi, pemerintah kabupaten Pekalongan mencanangkan gerakan vaksinasi bagi ibu hamil. Pencanangan itu dilakukan pada Jumat, (20/8/2021) di Puskesmas Wonopringgo. 

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro menuturkan, vaksinasi ibu hamil menjadi program skala prioritas demi melindungi ibu dan bayinya. Adapun pencanangan gerakan vaksinasi bagi ibu hamil dilakukan di Puskesmas Wonopringgo dengan diikuti sebanyak 179. Akan tetapi setelah dilakukan screening hanya ada 79 yang memenuhi syarat untuk di vaksin. 

"Dari 179 yang tadi melakukan screening ada 79 yang memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi. Harapan kami semua ibu-ibu hamil di kabupaten Pekalongan yang memenuhi syarat agar melakukan vaksinasi." 

Dikatakan, dalam memberikan vaksin terhadap ibu hamil ini dibutuhkan screening yang ketat agar ibu dan bayinya tetap aman. Beberapa kriteria ibu hamil yang bisa mengikuti vaksinasi diantaranya yaitu kesehatan dalam kondisi yang baik, kemudian usia kehamilan sudah memasuki semester dua maupun tiga. 

"Jadi untuk usia kehamilan yang baru semester pertama kita harus hati-hati dan waspada perlu ada screening yang ketat. Nanti kita kirim kriteria-kriterianya di layanan vaksinasi ben cetho (jelas)," 

Menurut Wawan, dalam gerakan vaksinasi bagi ibu hamil di tahun 2021 ini pihaknya mentargetkan sebanyak 18.780. Dari jumlah tersebut yang telah dilakukan screening sejumlah 4773 dan yang sudah diberikan vaksin hingga 20 agustus sebanyak 182 berdasarkan laporan dari beberapa puskesmas. 

Sementara itu ketua tim penggerak PKK, Widi Riswadi yang turut hadir dalam pencanangan gerakan vaksinasi bagi ibu hamil di Wonopringgo berharap, agar para ibu hamil di kabupaten Pekalongan melakukan vaksinasi untuk melindungi ibu dan bayi dari covid-19. 

"Yang tadinya mungkin ada rasa takut, semoga dengan adanya percontohan vaksinasi ibu hamil di kecamatan Wonopringgo ini semoga ibu-ibunya tambah semangat untuk melakukan vaksinasi." 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM Pekalongan | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.