Persiapan PTM, Dindik Inventarisir Tenaga Pendidik dan Siswa Tervaksin

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Bagi pelajar yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah telah melakukan vaksinasi. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Haryanto Nugroho, kepada Radio Kfm, Selasa, (10/8/2021). 

Rencana untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas tersebut dasarnya adalah instruksi dari Mendagri nomor 30. Dimana salah satu isinya yaitu diperbolehkannya daerah level 3 untuk melaksanakan PTM, namun dalam koridor ketentuan yang telah ditetapkan pada SKB 3 menteri. 

"Jadi mendasari instruksi Mendagri 30 ya yang baru saja dikeluarkan, disitu memang tercantum untuk level 3, dalam ini termasuk Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah memang ada ruang untuk daerah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Dan disitu ada ketentuan-ketentuan sehingga prinsip kehati-hatian, kesehatan, keselamatan bidang pendidikan masih diprioritaskan." 

Dikatakan, saat ini Dindikbud masih melakukan inventarisasi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan serta para siswa di Kabupaten Pekalongan yang telah mendapatkan vaksin maupun yang belum. Syarat vaksinasi tersebut akan menjadi salah satu faktor penguat terkait dengan prinsip kehati-hatian pada saat dilaksanakannya pembelajaran tatap muka nanti. 

"Saya sudah perintahkan untuk kawan-kawan segera segera menginventarisir data riil pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah vaksin termasuk siswa atau pelajar yang juga sudah vaksin terutama untuk tingkat SMP yang dibawah kewenangan Kabupaten. Syarat vaksinasi ini mungkin bisa menjadi salah satu faktor penguat berkaitan dengan prinsip kehati-hatian dan keselamatan terhadap insan pendidikan," kata Haryanto. 

Bagi tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa yang belum divaksin, maka Dindik akan melakukan upaya percepatan dengan menggandeng pihak-pihak lain seperti TNI- Polri, dengan harapan, ketika PTM telah dimulai semua sudah tervaksin sehingga prinsip kehati-hatian, kesehatan, keselamatan yang dipesankan oleh mendagri dapat terpenuhi. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.