Dorong Pemulihan Ekonomi, Kodim 0710 Pekalongan Berikan Bantuan Untuk PK5 dan Warung

KFM PEKALONGAN, KOTA - Akibat pandemi Covid-19 para pelaku usaha kecil seperti pedagang kaki lima dan warung banyak yang kembang kempis lantaran penerapan PPKM yang berimbas terhadap sepinya pembeli. Terlebih ketika PPKM level 4 beberapa bulan lalu, tak sedikit pedagang yang memilih berhenti jualan karena ketatnya aturan, sehingga hal tersebut menjadikan perekonomian masyarakat berpenghasilan rendah semakin melemah. 

Kini meskipun sudah diberikan sedikit kelonggaran aturan seiring dengan kasus Covid di Pekalongan yang sudah berangsur turun, akan tetapi secara umum perekonomian masih melemah. Karenanya sebagai upaya menggeliatkan kembali perputaran ekonomi di tataran pedagang kaki lima dan warung, Kodim 0710 Pekalongan memberikan bantuan berupa uang tunai untuk 3700 pedagang kaki lima dan usaha warung makan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Komandan Kodim Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, Selasa(12/10/2021), di Aula Serbaguna Makodim. 

“Bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung, Kodim 0710 itu dapat kuota untuk wilayah Kota Pekalongan sebanyak 1600 warga kemudian Kabupaten Pekalongan sebanyak 2100 jadi total ada 3700. Ini per orang mendapat bantuan sebesar 1 juta 200 tanpa ada potongan. Diharapkan dana ini yang menerima memang yang benar-benar terdampak". 

Lebih lanjut Dandim 0710 Pekalongan menyampaikan, meskipun bantuan ini diperuntukan bagi PK5 dan warung akan tetapi bantuan ini bukan merupakan program bantuan UMKM. Hanya saja memang yang disasar adalah Pedagang Kaki Lima dan Warung karena selama penerapan PPKM Level 4 mereka sangat terdampak, sehingga dengan adanya bantuan tunai ini dapat meringankan beban kebutuhan finansial. 

"Harapanya bahwa dengan adanya dana bantuan ini masyarakat yang menerima benar-benar memaksimalkan pemanfaatanya untuk modal usahanya misalnya, sehingga geliat perekonomian di kota maupun kabupaten pekalongan mulai terasa." 

Dandim menambahkan, bantuan ini merupakan tahap pertama sehingga dimungkinkan bantuan tunai ini akan berkelanjutan, apalagi masih cukup banyak PK5 mamupun warung yang belum tersentuh bantuan.Dan dengan program ini warga akan terbantu ekonominya sehingga bisa dapat turut mendorong pemulihan perekonomian baik tataran daerah dan nasional. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.