Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pekalongan Masa Bakti 2021-2026 Dilantik

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Pekalongan masa bakti 2021-2026, resmi dilantik pada Rabu (24/11/2021) di Pendopo rumah dinas. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. 

Rangkaian acara pelantikan tersebut tidak hanya sekedar bersifat seremonial semata namun juga diadakan kegiatan pelatihan Pertolongan pertama dan Evakuasi yang diikuti oleh Ormas yang bergerak dibidang kemanusiaan seperti "Santri Gayeng". 

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan, Arini Harimurti mengatakan, bagi Ormas yang bergerak dibidang kemanusiaan sangat penting untuk dibekali tentang pertolongan pertama dan evakuasi agar jika terjadi sesuatu nantinya mereka tidak melakukan kesalahan prosedur dalam penanganannya. 

"Jadi pelatihan ini bagi Santri Gayeng dan organisasi yang menangani kemanusiaan. Agar mereka tahu bagaimana sih cara menangani kalau ada yang celaka. Kadang kan ada juga misal orang jatuh langsung diambil tangannya, padahal itu kan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, apa itu cacat." ucap Arini. 

Dalam menangani hal-hal yang erat kaitannya dengan bencana dan kemanusiaan memang dibutuhkan kerjasama atau sinergi dari berbagai pihak. Tanpa adanya dukungan dari para Ormas yang bergerak dibidang kemanusian maka tentu tugas PMI akan semakin berat. 

"Mudah-mudahan kita bisa guyub rukun didalam nanti dalam menanggulangi bencana, meskipun mudah-mudahan tidak ada bencana di Kabupaten Pekalongan, tapi ini kan musim penghujan," kata Arini. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, usai acara pelantikan menuturkan, support pemkab untuk PMI Kabupaten Pekalongan ini cukup luar biasa. Buktinya, pemda telah memberikan hibah berupa alat Aprherisis bagi PMI untuk donor plasma konvalesen. Dan ini baru pertama kali di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Untuk itu Wagub berpesan agar PMI Kabupaten Pekalongan dapat semakin meningkatkan Kinerjanya dalam misi kemanusiaan. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.