Percepat Capaian Vaksinasi, Puskesmas Wonopringgo Datangi Lomba Balap Merpati

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Untuk mempercepat cakupan vaksinasi di Kabupaten Pekalongan dibutuhkan terobosan-terobosan supaya target capaian semakin optimal. Dan salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat Mobile Vaksin Tim oleh Puskesmas Wonopringgo. Tidak hanya lansia yang didatangi langsung ke rumah, namun juga kegiatan atau event tertentu yang terdapat kerumunan masa seperti misalnya lomba kolong atau balap merpati. 

Kepala Puskesmas Wonopringgo, Chamim Yuniarno, disela-sela memantau vaksinasi di event lomba kolong merpati, Sabtu (27/11/2021) mengatakan, dalam upaya mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Pekalongan, selain setiap menggelar vaksinasi di balai desa-balai desa, pihaknya juga mendatangi tempat-tempat layanan Posyandu, Posbindu, serta door to door untuk sasaran lansia maupun event-event seperti lomba balap merpati. 

"Saya membuat terobosan baru, mobile vaksin tim. jadi ada tim vaksin yang pakai mobil, pakai ambulan kita door to door termasuk kita di kolong doro atau lomba merpati ini kita datangi dan warga yang datang menyaksikan lomba kolong merpati ini kita woro-woro supaya vaksin. Ini dalam rangka untuk percepatan vaksin. Dan memang di Kabupaten Pekalongan untuk yang di kolong merpati atau lomba merpati ini baru Puskesmas Wonopringo." 

Sementara itu Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria yang juga hadir dalam vaksinasi di tempat lomba balap merpati menyampaikan terima kasih kepada panitia lomba yang telah bersedia untuk bekerjasama dalam upaya menyukseskan vaksinasi. Masyarakat yang hendak menonton maupun mengikuti lomba balap merpati ini diwajibkan untuk divaksin terlebih dahulu. 

"Saya ucapkan terima kasih untuk lurah ataupun komunitas dalam hal ini komunitas kolong yakni pertandingan merpati nantinya yang turut andil dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Pekalongan. Kita wajibkan sebelum pertandingan harus sudah divaksin terlebih dahulu dan juga warga yang mau menonton. Ini merupakan strategi, karena event semacam ini memliki daya tarik dalam pengumpulan warga," ucap Kapolres. 

Lebih lanjut Chamim menjelaskan, dengan terobosan ini ia optimis sampai akhir desember 2021 target vaksinasi di Kecamatan Wonopringgo akan tercapai. Sebab hingga sekarang capaian di Kecamatan Wonopringgo untuk dosis satu dengan sasaran lansia sudah tercapai 87 persen dari target yang ditentukan 90 persen. Sedangkan bagi yang non lansia telah terpenuhi 75 persen dari minimal capaian 85 persen. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.