Tingkatkan produktifitas Perikanan, Dinlutan Kabupaten Pekalongan Berikan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Perikanan

KFM PEKALONGAN, WONOKERTO - Untuk memotivasi para pelaku usaha perikanan dalam meningkatkan produksi dan nilai produksi perikanan, sebanyak 98 orang yang terdiri dari nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah serta pemasar ikan mendapat bantuan dari pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan. Bantuan tersebut diserahkan pada Rabu, (3/11/2021) di TPI Jambean Wonokerto. 

Dalam sambutannya, Sirhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ( DINLUTAN ) Kabupaten Pekalongan mengatakan, bantuan ini merupakan agenda rutin yang telah dianggarkan oleh Pemkab Pekalongan. Selain itu terdapat pula hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah serta Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Adapun mereka yang mendapat yaitu nelayan sebanyak 84 orang, pembudidaya ikan 10 orang, serta pengolah dan pemasar 4 orang. 

"Bentuk bantuan bagi nelayan diantaranya alat pelampung, pendeteksi ikan, radio monitor, cool box,serta BBM berupa solar sebanyak 200 liter untuk tiap nelayan. Sedangkan pembudidaya dapat bantuan Waring dan pengelolaan irigasi tambak.Sementara bagi penolah dan pemasar bantuannya berupa fresher dan sepeda motor beserta box." ucap Sirhan. 

Sementara itu Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq pada kesempatan itu menyampaikan, memang belum semua mendapat bantuan namun yang diberikan ini sudah sangat maksimal dan mudah-mudahan di tahun dapat dapat bertambah baik penerima maupun jenis bantuannya. Dipesankan pula kepada para penerima, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan sampai diperjual belikan. 

"Mungkin masih belum semua tapi saya yakin sudah maksimal ini dan insya Allah tahun depan harus bertambah banyak dari Dinas Kelautan. Dan saya harapkan bantuan ini dimanfaatkan dengan baik, dipergunakan dengan baik dan mudah-mudahan hasilnyapun bisa maksimal dengan baik." 

Lebih lanjut Fadia menuturkan, TPI Jambean Wonokerto merupakan salah satu potensi perekonomian di Kabupaten Pekalongan, namun sayangnya selama ini akses jalannya cukup memprihatinkan sehingga pada masa pemerintahannya ini berkomitmen untuk membenahi. 

"Saya dan Pak Riswadi menjabat bupati dan wakil bupati baru empat bulan, tapi yang sudah saya buat selama empat bulan ini saya maksimalkan untuk di Wonokerto ini. Yang sudah saya lakukan yaitu arah ke TPI Jambean ini sudah dianggarkan sebesar 600 juta dan sekarang sedang dilaksanakan dan normalisasi sungai Wonokerto sebanyak 600 juta." 

Bupati telah merencanakan bahwa di tahun depan semua jalan yang menuju ke arah TPI Jambean Wonokerto bisa lebih representatif sehingga harapannya dengan ditunjang infrastruktur yang memadai tersebut maka pertumbuhan ekonomi di wilayah utara Kabupaten Pekalongan dapat semakin baik dan tentu saja hal itu akan membuat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.