Agar Pelayanan Makin Optimal, RSUD Kajen Akan Tambah Gedung Empat Lantai

KFM PEKALONGAN, KAJEN - RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan melakukan berbagai terobosan inovasi seperti misalnya penerapan program E- Rekam medis dan penambahan gedung untuk rawat inap dan rawat jalan. 

Prioritas program di tahun 2022 di RSUD Kajen adalah pembangunan gedung empat lantai. Gedung tersebut nantinya akan digunakan untuk pelayanan poliklinik terpadu serta pelayanan rawat inap VIP. Hal itu dikatakan Direktur RSUD Kajen, dr. Imam Prasetyo, Senin (3/1/2022). 

"Kita akan melakukan inisiasi untuk pembangunan gedung empat lantai. Untuk lantai satu dan dua untuk poliklinik terpadu, tiga dan empat untuk pelayanan VIP, karena selama ini sebetulnya banyak diminati masyarakat." 

Saat ini RSUD Kajen hanya memiliki ruang rawat inap VIP sebanyak delapan tempat tidur dan itupun sebetulnya masih belum standar VIP. Namun dengan adanya rencana penambahan gedung tersebut nantinya berkapasitas 30 sampai 40 tempat tidur. Sementara untuk rawat jalan nantinya akan ada 15 poli terpadu.
"Untuk rawat jalan kita sekarang sudah semakin banyak, sehari bisa 400 sampai 600 pasien, poli nya belum terpadu jadi untuk pelayanan belum maksimal." 

Disampaikan oleh dr.Imam, penambahan gedung empat lantai tersebut nantinya berposisi di sayap sebelah timur gedung rumah sakit dengan luas sekitar 2000 meter persegi. Adapun anggaran yang dibutuhkan sekitar 258 miliar. 

"Jadi dari hasil riset study kami anggaran yang dibutuhkan sekitar 258 M, nanti untuk yang tahap pertama ini akan kita anggarkan dulu sekitar 31 M." 

Selain penambahan infrastruktur, hal lain yang akan dibenahi adalah sistem pendaftaran online. Dengan pola tersebut nantinya pasien yang akan periksa di RSUD Kajen memiliki kepastian waktu sehingga tidak harus menunggu lama di Rumah sakit. Disamping itu, dengan adanya E - Rekam medis, akan berdampak pada berkurangnya biaya operasional untuk pengadaan kertas dan lain-lain. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.