Guru Harus Bisa Bersahabat Dengan Siswanya



KFM PEKALONGAN, KAJEN - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan diklat pengembangan keprofesian berkrlanjutan (PKB) dalam penulisan buku pelajaran berdasar buku 4, bertempat di ballroom Hotel Santika, Rabu (18/05). Sebanyak 75 guru SMP di Kabupaten Pekalongan mengikuti diklat  tersebut guna menyambut kurikulum merdeka.


Saat membuka acara tersebut, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan, diklat ini diselenggarakan secara gratis. Sehingga tidak memberatkan para guru. 


"Ini inovasi yang bagus untuk persiapan kurikulum merdeka. Supaya guru-guru siap menghadapi itu," kata Fadia. 


Ia berpesan, para guru hendaknya bisa bersahabat dengan siswanya. Sebab, lanjutnya, dalam waktu setengah hari anak-anak berada di sekolah bersama guru. 


"Kalau guru bisa berkomunikasi dengan bagus, saya kira anak-anak akan lebih cepat perkembangannya," ungkapnya. 


Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Edy Herijanto menjelaskan, diklat bertujuan untuk memberikan bekal tambahan kepada guru untuk menulis buku pelajaran yang sesuai kurikulum merdeka. 


"Karena itu yang jadi peserta ini kami prioritaskan guru yang sudah bisa menulis buku mapel, jadi Diklat ini sifatnya untuk menyesuaikan dengan kurikulum baru saja," ujarnya. 


75 guru itu dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta dengan latar belakang guru semua mata pelajaran. 


"Mereka kami undang sebagai perwakilan, nanti biar bisa mengedukasi guru-guru lain yang tidak jadi peserta," pungkasnya.



Penulis : Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.