Bupati Ingin Selamatan Giling Tahun Depan Lebih Meriah



KFM PEKALONGAN, KAJEN – Setelah 2 tahun tidak mengadakan upacara selamatan giling, ahirnya tahun ini Pabrik Gula (PG) Sragi bisa menyelenggarakan lagi. Pada kesempatan itu, Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq mengusulkan agar Selamatan Giling bisa dijadikan sebagai wisata khusus.


“Acara Selamatan Giling ini sangat unik dan sangat bagus. Mungkin ini bisa menjadi wisata khusus agar bisa dikembangkan, sehingga mungkin tahun depan, kalau mau ada selamatan giling, bisa lebih meriah lagi dan pengunjung dari daerah lain bisa menyaksikan. Ini adalah sesuatu yang baik dan unik, oleh karena itu perlu kita lestarikan. Kalau untuk orang kota, ini adalah sesuatu yang unik yang harus kita lihat. Sangat bagus sekali,” kata bupati saat membuka acara selamatan giling, Selasa, (17-05-2022). 


Fadia mengungkapkan jika selalu membuka pintu yang seluas-luasnya kepada pihak PG Sragi untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pemkab Pekalongan. 


“Saya minta kepada PG Sragi untuk tidak segan-segan berkoordinasi dengan kami, apa pun itu, bagaimana cara peningkatan kesejahteraan petani tebu di Kabupaten Pekalongan, kesejahteraan karyawan dan juga akses jalan serta jembatan apapun itu untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan kami siap membuka pintu seluas-luasnya PG Sragi untuk berkoordinasi,” ucapnya. 


Pihaknya sangat mendukung PG Sragi dan petani tebu di Kabupaten Pekalongan.


“Saya sengaja hadir di sini adalah bukti support saya terhadap PG Sragi dan petani tebu Kabupaten Pekalongan,” ujar Fadia. 


Sementara itu, Manager PG Sragi, Teguh Narwanto menjelaskan jika prosesi slametan giling ini sudah ada sejak jaman Belanda. Hal ini merupakan pertanda akan mulai beroprasi giling tebu.


"Sudah dari sejak zaman Belanda dulu untuk menunjukkan pada masyarakat sekitar bahwa PG Sragi akan mulai beroperasi untuk giling tebu," jelas Teguh.


Selama 2 tahun acara selamatan giling ditiadakan karena adanya pandemi covid-19. Namun hal itu tidak menghalangi PG Sragi untuk tetap beroprasi.



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.