Masih Ada Desa Yang Belum Punya PAUD




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Dalam rangka memperhatikan keberadaan Paud di wilayah kerjanya, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq berencana akan anjangsana ke seluruh desa. Kegiatan itu akan dilakukan setiap hari jumat setelah menunaikan ibadah haji. Untuk itu Ketua Himpaudi Kabupaten Pekalongan diminta untuk menjadwalkan kegiatan tersebut supaya dirinya bisa mengetahui kondisi sebenarnya di seluruh Paud.


Fadia mengatakan, khususnya di Kabupaten Pekalongan supaya semua desa memiliki layanan pendidikan untuk anak anak usia dini. Hingga sekarang, hampir di seluruh pelosok desa Kota Santri sudah ada, informasi yang diterima tinggal satu desa belum memiliki Paud, yakni Desa Klesem Kecamatan Kandangserang Untuk itu, pemerintah desa setempat agar memperhatikan keberadaan Paud di daerahya masing-masing.


''Mungkin kerena lokasinya berada di ujung pegunungan dan anak-anaknya tidak begitu banyak sehingga belum ada Paud. Tapi saya harapkan supaya bisa Paud bangun di tempat itu,'' tutur bupati saat menghadiri Halal Bihalal Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini/ Himpaudi di gedung pertemuan umum (GPU) Selasa, (31-05-2022).


Selain itu meski pasca pandemi, Pemkab tetap berusaha meningkatkan kesejahteraan Bunda Paud. Yakni yang semula honornya dari Rp 250,000 bertambah menjadi Rp 300.000 per bulannya.


''Tugas mereka sangat penting yakni mendidik anak anak usia dini sehingga harus ada perhatian dari pemerintah. Mudah mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi. Bahkan kalau bisa dari pemerintah desa maupun PKK setempat dan lainnya untuk membantu. Bukan hanya soal kesejahteraannya saja, namun kondisi gedung maupun Paud juga diperhatikan supaya lebih bagus. Insya allah kalau semuanya bisa bersama sama membantu maka yang sulit akan lebih mudah, ujar Fadia.


Ia berharap agar semua guru atau Bunda Paud, bisa menjadi pendidik yang baik bagi anak usia dini. Yang terpenting adalah bagaimana caranya anak anak selama mengikuti pendidikan di Paud merasa nyaman dan tidak takut. Hal ini dapat medukung pelaksanaan belajar mengajar sehingga anak usia dini bisa menyerap pendidikan dengan baik.



Penulis: Nuke


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.