Kasatlantas Polres Pekalongan Mengajar di Sekolah

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Guru mengajar itu sudah biasa, namun kali ini Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Fitriyanto memgajar di sekolah-sekolah. Kasatlantas memberikan materi tentang  keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada pelajar yang sedang mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 1 Kajen, Kabupaten Pekalongan, Senin (17/7/2023).

"Ini saya memberikan materi pendidikan tentang tertib berlalulintas. Apalagi, sekarang kami sedang melakukan operasi patuh candi 2023," ucap Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Fitriyanto.

Ia mengatakan, para siswa baru juga dijelaskan mengenai surat izin mengemudi (SIM). Untuk siswa yang belum memiliki SIM sudah barang tentu tidak diperbolehkan membawa kendaraan sendiri. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di jalan raya.

Baca Juga : Operasi Patuh Candi 2023, Polres Pekalongan Prioritaskan ETLE

"Untuk siswa baru ini tentunya belum bisa bawa kendaraan sendiri, karena umur belum cukup untuk mendapatkan SIM. Ini bukan masalah sepele," kata AKP Fitriyanto.

Dijelaskan oleh Kasat Lantas, banyak kejadian kecelakaan hingga merenggut nyawa. Itu karena pengendara tidak paham aturan berlalulintas. 

"Tak paham karena memang belum memiliki SIM tadi," tandasnya.

Baca Juga : Satlantas Polres Pekalongan Bagikan Helm Baru Kepada Pengguna Jalan

Meski dengan tegas melarang siswa membawa kendaraan sendiri, AKP Fitriyanto beserta jajarannya tetap memberikan penyuluhan tentang tertib berlalulintas sebagai pengetahuan tambahan kepada siswa.

"Tertib berlalu lintas yang dimaksud adalah, melengkapi diri dengan SIM, alat pengaman serta dokumen kendaraan saat berkendaraan," terangnya.

Pihaknya juga memperkrnalkan tentang rambu pengatur lalulintas. Hal itu supaya siswa bisa paham maksud dan tujuan dari marka jalan ataupun rambu pengatur lalulintas.

Baca Juga : Jalan Sehat Harkopnas ke-76, Bupati Pekalongan Berharap Koperasi Makin Tumbuh dan Maju

"Lalu, mengajarkan kepada siswa-siswi cara menyeberang jalan yang benar," ucapnya.

Kasat Lantas menambahkan, melalui kegiatan MPLS ini Polri hadir ditengah siswa untuk memberikan warna dan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas di jalan raya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.