Kemensos RI Serahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial Kepada Penerima Manfaat Di Kabupaten Pekalongan



KFM PEKALONGAN, KAJEN - Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, menyerahkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial kepada 60 orang penerima manfaat di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Penyerahan ini berlangsung di aula setda lantai 1 Kabupaten Pekalongan, Kamis (28/3/2024).

Penerima manfaat bantuan asistensi rehabilitasi sosial ini terdiri dari kalangan lanjut usia dan penyandang disabilitas. Kepala Sentra Terpadu Kartini, Iyan Kusmadiana menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan tidak berupa uang tunai, melainkan berupa bahan kebutuhan pokok dan perlengkapan untuk berwirausaha dengan total nilai mencapai Rp 268 juta. Bantuan ini termasuk alat bantu yang cukup banyak serta dukungan untuk memulai usaha.

"Kami menyerahkan 60 penerima manfaat, dengan nilai Rp 268 juta. Terdiri dari alat bantu yang cukup banyak, ada juga kewirausahaan," jelas Kepala Sentra Terpadu Kartini Iyan Kusmadiana.

Baca Juga: Dinsos Kabupaten Pekalongan Serahkan Bantuan Kemensos RI

Penyaluran bantuan ini telah melalui proses assesment terpadu dengan mengumpulkan data yang diinputkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan. Penyerahan bantuan akan dilakukan secara bertahap, dan ini merupakan bantuan asistensi triwulan pertama dari pihak Sentra Terpadu Kartini.

"Bantuan antensi akan dilakukan secara bertahap dan ini bantuan atensi triwulan pertama dari kami," ujarnya.




Asisten 1 bidang pemerintahan setda Kabupaten Pekalongan, Wiryo Santoso, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, atas bantuan yang diberikan kepada warga Kabupaten Pekalongan. Dia juga menegaskan bahwa penyerahan bantuan ini telah melalui proses assesment data yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan.

"Penyerahan bantuan atensi ini, telah melalui proses assesment data, yang diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan," ungkapnya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Makanan Korban Banjir, Dinsos Kabupaten Pekalongan Dirikan Dapur Umum

Salah satu penerima manfaat kewirausahaan, Diani Damiyanti (42) dari Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, menyatakan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos RI. Diani menjelaskan bahwa dia membuat keripik pisang, keripik bawang, dan sale. Dengan adanya bantuan peralatan ini, dia merasa sangat terbantu. Dia menyatakan bahwa sudah setahun ini tidak bisa berjualan karena tidak memiliki modal, terutama untuk alat-alat penggorengan. Dengan adanya bantuan alat-alat dari Kemensos RI, dia bisa meningkatkan produktivitas pembuatan keripik dan menanggapi pesanan yang banyak menjelang Ramadan.

"Ramadan ini sudah banyak pesanan untuk lebaran, adanya bantuan alat-alat dari Kemensos RI bisa menambah produktivitas pembuatan keripik," katanya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.