Arus Mudik, Polres Pekalongan Petakan 13 Titik Trouble Spot Dan Siapkan Rest Area Khusus Pemotor

 



KFM PEKALONGAN, KAJEN – Arus mudik sudah mulai terlihat di wilayah Kabupaten Pekalongan. Polres Pekalongan sudah memetakan 13 Titik troublespot yang perlu di waspadai dalam perjalanan mudik Tahun 2024 ini. Dari 13 Titik tersebut akan dilakukan skenario rekayasa arus kendaraan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi menjelaskan, tiga belas titik tersebut merupakan Sejumlah persimpangan jalan, pasar dan obyek vital. Pihak Polres juga telah menyiapkan rest area khusus bagi para pemotor di Pantura.

“Di wilayah kita, kita mapping kurang lebih ada 13 troublespot ya. Itu baik ada simpang jalan, ada pasar, ada objek vital, dalam hal ini adalah keramaian yang perlu kita amankan nantinya,” jelas Kapolres Pekalongan, AKBP Wahyu Rohadi, usai apel gelar pasukan operasi patuh candi 2024 dan pemusnahan miras di halaman Mapolres setempat, Kamis (04/04/2024).


Pada jam-jam rawan, di tempat troublespot, pihaknya akan mempertebal personil untuk melokalisir dan mengamankan wilayah.

“Istilahnya sekarang kita menggunakan Strong Point,” ujarnya.

Sejumlah titik yang menjadi rawan kemacetan tersebut diantaranya, Jalan Raya Pantura Tembung (perbatasan Pekalongan – Pemalang), SPBU Pantura Kauman (Wiradesa), Persimpangan Gumawang (Pantura Wiradesa), Persimpangan Pantura Luxor (Wiradesa) dan Pasar Wiradesa. Sedangkan di luar jalur Pantura, terdapat titik troubel spot di Pasar Bojong (exit tol Bojong ke arah Dieng), simpang tiga Bojong, pasar Kajen , simpang tiga Kedungwuni, pasar Kedungwuni dan Pasar Kesesi.

"Untuk pengamanan arus mudik dan balik, Polres Pekalongan menerjunkan 527 porsenil, yang akan disiapkan di pos-pos, termasuk di rest area KM 338," ujar Kpolres AKBP Wahyu Rohadi.

Baca Juga: Polres Pekalongan Umumkan Rincian Alokasi Anggaran Tahun 2024

Dikatakan oleh Kapolres Pekalongan, untuk arus mudik tahun ini, akan ada lonjakan arus mudik dibandingkan tahun lalu.

“Insyaallah Polres Pekalongan siap mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik nantinya,” tegasnya.

AKBP Wahyu menambahkan, pihaknya telah menyiapkan rest area bagi para pemotor, yang ada di pos terpadu Siwalan. Ada juga Pos SAR ditempatkan di Wonokerto, dan Pos sinergitas TNI-POLRI yang ada di Alun-Alun Kajen.

“Nanti selain ada pos terpadu di situ, kita manfaatkan juga untuk rest area khusus kendaraan roda dua yang melintasi jalur pantura.  Jadi total ada lima pos,” imbuhnya.

Kapolres mengimbau bagi para pemudik untuk tetap berhati-hati dan manfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat.

“Kita menghimbau untuk tidak memaksakan diri saat lelah. Beristirahat di rest area yang aman, untuk beristirahat. Untuk di jalan tol, jangan beristirahat di bahu jalan, karena membahayakan,” pungkasnya. 

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.