Bupati Pastikan Kebutuhan Pengungsi Banjir Terjamin


KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan memastikan kebutuhan para pengungsi terdampak banjir seperti makan,minum,jajan anak-anak,susu dan pempers terjamin.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi saat meninjau pengungsi banjir di Masjid Dupantex  Desa Pacar Kecamatan Tirto,Sabtu (22/02/2020).

"Desa Pacar ini berbatasan dengan kota,terletak disebelah selatan rel kereta api dan disebelah jalan pantura,sebelah baratnya ada sungai sengkarang jadi secara geografis ini memang daerah penampungan air,"ungkapnya.

Menurutnya,sulusi dari masalah tersebut adalah pertama,pengerukan sungai meduri bagian selatan,kedua,secara geografis karena desa pacar diwilayah kota maka akan dikoordinasikan dengan walikota.

"Kita juga harus membuat penampuangan air,agar air tidak ke desa pacar semua.Dulu wilayah banjir kabupaten pekalongan di wilayah utara karena rob,sekarang pindah ke bagian selatan karena air hujan,rob sekarang sudah tidak ada,insyaallah banjir ini akan kita atasi,"katanya

Dikatakan,wilayah desa pacar memang wilayah cekungan,sehingga menurutnya perlu dilakukan rekayasa agar air tidak mengalir ke desa pacar.

"Namun ini tidak bisa kita biarkan,perlu ada rekayasa mekanika agar banjir tidak terulang kembali.Untuk rekayasa sosial kita sudah berhasil yaitu penanganan tanggap darurat,masyarakat juga sadar saling membantu,gotong royong,"ujarnya.

Disebutkan,pihaknya juga menyiapkan tim kesehatan selama 24 jam untuk mnegatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Terimakasih kepada dupantex yang sudah membuka tempat pengungsian."tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.