Kembangkan Budaya Menabung Sejak Dini,GIM Bagi Pelajar Dilaunching


KAJEN -  “Gerakan Indonesia Menabung ( GIM ) bagi para pelajar di Kabupaten Pekalongan” dilaunching oleh Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi SH.M.Si,di boulevard alun-alun Kajen,Selasa pagi (03/03/20).Gerakan tersebut dalam rangka mengembangkan budaya menabung sejak dini di kalangan pelajar.

Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto mengatakan,GIM merupakan salah satu langkah strategis hasil dari survei nasional literasi keuangan. Bahwa salah satu strategi nasional yang telah ditetapkan pemerintah adalah bagaimana kita bisa mendorong kemandirian generasi muda melaui suatu gerakan nasional  yang namanya GIM.

Menurutnya,gerakan ini dimaksudkan untuk terus mengedukasi masyarakat agar lebih hemat dan membudayakan menabung, khususnya bisa mengenalkan industri jasa keuangan/ perbankan sebagai sarana untuk kegiatan menabung karena salah saru masalah yang utama di masyarakat adalah tingkat konsumtif yang sangat tinggi.

"Kita coba ajarkan ke generasi muda di tingkat SMP/SMA untuk hidup hemat Di akhir tahun ini, diharapkan lebih dari 80 persen pelajar di wilayah jateng sudah memiliki rekening di tabungan” paparnya



Sementara itu Bupati Pekalongan,Kh.Asip Kholbihi dalam sambutannya mengatakan,bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Percepatan Akses Keuangan Daerah di Kabupaten Pekalongan guna meningkatkan inklusi keuangan bagi para siswa/pelajar di 84 SMP dan 35 Mts. 

"Otoritas Jasa Keuangan bersama industri jasa keuangan khususnya bank umum dan BPR/S  saat ini sedang melakukan kegiatan edukasi untuk menumbuhkan budaya menabung sejak usia dini. Kegiatan dimaksud telah direalisasikan melalui inisiasi program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan setoran yang terjangkau,"ujarnya.

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan kesadaran menabung dan inklusi keuangan bagi para pelajar, tanggal 20 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Indonesia Menabung yang kemudian diimplementasikan melalui Gerakan Indonesia Menabung, dengan Provinsi Jawa Tengah sebagai daerah pilot project dan pelajar SMP/MTs/setingkat sebagai prioritas sasaran

"Yang penting diperhatikan,bahwa GIM ini menjadi tanggung jawab semua, tidak hanya kalangan perbankan, tapi juga pemerintah, kemudian bagaimana kita melakukan sosialisasi agar seluruh warga masyarakat kabupaten Pekalongan berpartisipasi,"tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan launching Gerakan Indonesia Menabung bagi para pelajar di Kabupaten Pekalongan,dapat meningkatkan budaya menabung pada kalangan pelajar di Kabupaten Pekalongan dan juga menumbuhkan edukasi mengenai pentingnya menabung sejak usia dini.(Ros-Nk)


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.