Sebanyak 46 Ruang Isolasi Disiapkan Di Puskesmas Wonokerto 2

Bupati Cek kesiapan ruang isolasi di Pusekesmas Wonokerto 2

KAJEN - Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi melakukan inspeksi ke Puskesmas Wonokerto 2,berkaitan dengan penambahan ruang isolasi,Senin (06/04/2020).

"Hari ini kita melakukan inspeksi berkaitan dengan persiapan untuk menambah ruang isolasi di Puskesmas Wonokerto 2.Alhamdulillah kapasitas ruang isolasi (di Puskesmas Wonokerto 2) untuk ODP 40 dan PDP 6 jadi total 46,plus ruang untuk tenaga medisnya,"ungkap Bupati Pekalongan, KH.Asip Kholbihi.

Dikatakan,Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah melakukan langkah-langkah sesuai protokol  arahan Presiden dan Gubernur secara step by step.

"Alhamdulillah kondisi Kabupaten pekalongan aman.Meskipun secara komunitas memang OPD ini naik karena laju pemudik ini luar bisa,saat ini ada ada 22.010 orang pemudik, perkiraan saya sampai 25 ribu,"ujarnya.

Menurutnya,pemudik-pemudik ini sudah diawasi oleh pemerintah desa bekerja sama dengan tenaga medis untuk melakukan isolasi diri.

"Yang ODP diisolasi dirumah masing-masing,kecuali ODP yang memiliki gejala seperti suhu badannya 38 derajat celcius,batuk,pilek,sakit kepala dll maka ini akan kita awasi secara serius,"katanya.

Disebutkan,tujuan disiapkannya Puskesmas Wonokerto 2 sebagai rujukan lini 3 yakni agar ODP dan sebagain PDP bisa dipindahkan,selain itu juga sebagai langkah antisipasi.

"Untuk daya tampung,kita memiliki 2 rumah sakit,yang pertama RSUD Kraton itu merupakan lini 1 untuk pasien PDP tapi ruang isolasinya terbatas,kedua RSUD kajen itupun ruang isolasinya terbatas,untuk itu kita siapkan lini tiga di Puskesmas Wonokerto 2,dengan tujuan agara OPD dan sebagin PDP disa dipindahkan tentu saja dengan pengawasan dari rumah sakit tersebut,"tuturnya.

Adapun per hari ini,senin 6 april 2020 di Kabupaten Pekalongan terdapat 99 ODP dan 6 PDP.

"Kondisi perhari ini ODP kita 99 orang,dan PDP 6 orang,dengan rincian 2 dirawat di RSUD Kraton dan yang 4 sembuh ,yang positif kosong dan yang meninggal juga kosong.Ini konsen kita di 99 orang dalam pengawasan ini,Tapi jangan lupa pemudik) yang 22 ribu juga menjadi perhatian kita bersama,"tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.