Lutung Jawa Yang Masuk Desa Sumur Jomblangbogo Dievakuasi WRU BKSDA Jawa Tengah



KAJEN - Lutung jawa yang sempat masuk pemukiman warga Desa Sumur Jomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dan diamankan oleh Edi Purnomo (27),akhirnya dievakuasi  oleh Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah,Selasa petang (09/06/2020).

Saat mobil WRU datang ke lokasi,banyak warga yang menyaksikan evakuasi lutung jawa tersebut.Lutung tersebut sudah hampir sepekan dirawat oleh Edi Purnomo (27) dan sekarang sudah terlihat lebih berisi dari sebelumnya,dimana saat pertama kali ditemukan lutung jawa tersebut dalam kondisi kurus dan terluka dipunggung.

Haryono Tim evakuator WRU BKSDA Jateng kepada awak media mengatakan,setelah mendapatkan informasi, adanya lutung jawa (Trachypithecus auratus) pihaknya langsung ke lokasi.

"Setelah mendapatkan informasi, kami langsung ke lokasinya dan saya mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah mengamankan hewan tersebut.Dari keterangan warga, lutung tersebut saat diamankan memang sangat memprihatikan, namun selama dirawat hampir sepekan kondisinya semakin membaik," ungkapnya.

Menurutnya, untuk karakter lutung yang diamankan warga ini, sepertinya sudah terpisah dengan kelompoknya dan terbiasa bersama manusia,diduga lutung ini peliharaan yang lepas.

"Kalau kita lihat dari typical lutung itu, berbeda dengan monyet. Kalau monyet, kelompoknya besar dan lutung itu biasanya keluarga.Sehingga lutung jarang sekali untuk turun ke bawah dan biasanya di atas pohon,"tuturnya.

Dikatakan,lutung jawa tersebut diperkirakan berumur 1 hingga 2 tahun,

"Lutung ini diperkirakan berumur 1 hingga 2 tahun,"jelasnya.

Diungkapkan,rencananya lutung ini akan dievakuasi di Batang Dolphin Center Taman Safari 4 yang berada di Kabupaten Batang.

"Disana kita akan lakukan observasi dulu, karena di lokasi tersebut banyak dokter hewan. Dari hasilnya, kami serahkan ke para medis. Apakah akan dilepaskan ke alam atau kah cukup di letakkan dilembaga konservasi," tandasnya.

Ditambahkan,untuk habitatnya lutung jawa yang masih banyak ada di Kecamatan Petungkriyono.

Sementara itu,Tejo petugas konservasi taman safari IV Batang mengungkapkan, setelah dilakukan evakuasi, lutung tersebut akan diobservasi dan di karantina.Menurutnya,dibutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan karakter lutung seperti di habitatnya.

"Kita lakukan pemeriksaan kesehatan dulu, kami khawatir takutnya ada penyakit bawaan. Karena, sudah ada campuran tangan manusia. Jadi kami belum berani bilang apakah akan dilepas di alam atau tidak,"pungkasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.