Corona B117 Varian Virus Corona ( Covid-19 ), Kenali Gejalanya

corona-b117-varian-baru-virus-corona


KFM PEKALONGAN, NASIONAL - Belakangan ini terdengar kabar adanya varian baru virus corona yang masuk ke Indonesia, yaitu Corona B117. Apa itu Corona B117 ? Virus Corona B117 disebut-sebut lebih berbahaya dan lebih menular dibanding dengan virus sebelumnya. Pasalnya pandemi Covid-19 yang belum hilang kini sudah ada varian baru dari virus corona. Corona B117 adalah bentuk mutasi dari virus Covid-19. Total ada 23 jenis mutasi dari virus ini dan akan terus berkembang. Virus corona B117 pertama kali muncul di Inggris pada September 2020.
 

Ilmuwan Inggris memprediksi virus ini lebih menular dibanding dengan virus sebelumya. Penularannya pun tergolong lebih cepat. Hanya dalam kurun waktu 2 bulan. Dilaporkan ada seperempat kasus di London, lalu satu bulan kemudian naik menjadi tiga perempat. Virus corona B117 memiliki karakteristik yang lebih kuat dibanding dengan Covid-19. 

Kemampuan berkembang biaknya terbilang lebih cepat. Menurut WHO sudah ada 60 negara yang sudah terdampak wabah Corona B117, termasuk Indonesia. Gejala yang muncul dari virus Corona B117 hampir mirip dengan Covid-19, namun ada perbedaan. Berikut gejala Corona B117: 

Batuk terus-menerus 

Gejala ini akan sulit dibedakan, karena tahap awal saat kita terjangkit virus salah satunya adalah batuk secara terus menerus. Akan lebih baik ketika kita merasa batuk tak kunjung sembuh,segeralah periksa ke dokter. 

Cepat lelah 

Orang yang terjangkit virus Corona B117 merasa cepat lelah karena adanya sitokin dari dalam sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut adalah respon dari tubuh karena terinfeksi oleh virus tersebut. Sedangkan efek samping yang terjadi di dalam tubuh karena melawan patogen adalah rasa mudah lelah secara terus menerus.

 
Virus ini juga bisa menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting lainya, efeknya adalah jaringan yang ada di dalam tubuh akan mengalami peradangan, nyeri sendi, dan merasa lemah di sekujur tubuh. 

Sakit tenggorokan 

Gejala ini juga sangat umum. Sulit dibedakan mana yang radang tenggorokan biasa dan mana yang dampak dari virus corona. Apabila mengalami sakit tenggorokan yang membuat tidak nyaman segera periksakan kondisi tersebut. 

Demam 

Imunitas di tubuh kita akan merespon virus yang masuk ke dalam tubuh dengan demam. Jadi ketika kita terpapar oleh virus ini badan akan menggigil.


Lalu bagaimana mengantisipasinya ?, secara umum pencegahannya sama dengan Virus Corona ( COVID-19 ), seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan. Sejauh ini vaksinasi menjadi cara antisipasi virus, tubuh memerlukan stimulan dari luar untuk meningkatkan kekebalan. Orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah akan lebih mudah terpapar virus dari luar.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.