Traffic Light di Tugu Duren Mulai Dioperasionalkan

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Traffic light di perempatan Tugu Duren, selasa, (3/8/2021) mulai dioperasionalkan. Dipasangnya traffic light itu agar lalu lintas disekitar bundaran Tugu Duren dapat lebih tertib, serta mengantispasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Perkembangan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan kedepan akan semakin pesat, sehingga Dinas Perhubungan menilai jika perempatan Tugu Duren perlu dipasang lampu merah, terlebih lagi lokasi tersebut merupakan salah satu titik padat kendaraan. Usulan memasang traffic light di bundaran Tugu Duren sebetulnya sudah sejak tahun 2019, akan tetapi baru dapat terealisasi pada tahun ini. 

"Tahun lalu terkena refocusing jadi baru bisa terealisasi tahun ini. Harapan kami, ketika traffic light ini sudah beroperasi masyarakat bisa segera menyesuaikan, bisa menaati aturan ini. Sehingga bisa semakin tertib dan mengurangi kecelakaan," ucap Erry Derima Ryanto, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi Jawa Tengah. 

Lebih lanjut dikatakan, Siklus waktu traffic light ini sekitar 116 detik dan diatur menjadi empat fase. Dasarnya adalah volume lalu lintas tahun 2020 dan perkiraan pertumbuhan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan sekitar 7-10 persen. Namun demikian siklus itu akan tetap dilakukan evaluasi secara berkala sehingga ada kemungkinan akan dirubah biar lebih optimal. 

"Nanti teman-teman dari Dishub Kabupaten Pekalongan akan melakukan evaluasi bersama dengan balai kami yang ada di Pekalongan, nanti yang lebih pas seperti apa. Nanti kita lihat lagi lah pertumbuhannya seperti apa. Nanti setiap siklus waktu hijau, antrian yang tersisa berapa, teman-teman Dishub Kabupaten Pekalongan yang akan melakukan evaluasi itu." 

Erry menambahkan, terkait sosialisasi traffic light di seputaran Tugu Duren ini telah dilakukan melalui media sosial, kantor kecamatan, serta media lainnya. Harapannya, masyarakat bisa mengetahuinya apalagi sudah lebih seminggu sebelumnya dilakukan flashing atau lampu kedip kuning. 


Penulis: Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103,1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.