Bupati Sambangi RSUD Kajen, Masyarakat Puas dengan Program Kesehatan Gratis

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Untuk memastikan program pelayanan kesehatan gratis berjalan dengan baik, Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq melakukan pantauan ke Rumah Sakit Kajen, Senin (17/1/2022). Pelayanan kesehatan gratis dengan hanya menunjukan KTP bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan ini merupakan salah satu program unggulan yang tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati. 

''Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar walaupun pasiennya tidak memilih apakah itu kaya atau miskin karena berada di ruang kelas 3. Baik dari rujukan dokter spesialis hingga pasien rawat jalan pembiayaanya tetap dibantu Pemkab Pekalongan,'' ucap Bupati. 

Menurut Fadia, meskipun program kesehatan gratis ini tidak perlu menggunakan kartu yang macam-macam cukup menunjukan KTP saja akan tetapi semua pasien harus mematuhi prosedur yaitu membawa rujukan dari Puskesmas. 

" Kalau tidak ada rujukan, rumah sakit yang dipakai untuk program kesehatan gratis bakal membludak. Pemerintah sendiri juga sudah menurunkan tim dokter di Puskemas untuk memeriksa dan memberi surat rujukan untuk dibawa pasiennya ke rumah sakit."
Dikatakan oleh Fadia, dari hasil pantauanya, petugas di rumah sakit telah memberikan pelayanan secara maksimal kepada semua pasien, termasuk pasien yang memanfaatkan program pengobatan gratis. Namun begitu ke depan harus semakin ditingkatkan karena baginya pelayanan masyarakat merupakan yang paling utama. 

Bupati berharap, program kesehatan gratis ini bisa membantu masyarakat yang memang membutuhkan pelayanan kesehatan. Selain itu bagi ibu ibu yang sedang hamil kini tidak perlu khawatir karena sewaktu waktu dapat memeriksakan kesehatannya tanpa harus bingung soal biaya. Bahkan jika nanti melahirkan, termasuk operasi caesar, pemerintah akan membantu. 

Sementara, Direktur RSUD Kajen, dr Iman Prasetya menambahkan, Bupati sempat berdialog dengan sejumlah pasien yang kebetulan di rawat. Hampir secara keseluruhan, para pasien merasa puas dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pekalongan yang telah mencanangkan program tersebut. 

''Para pasien mengakucukup puas dengan pelayanan kesehatan gratis di sini. Bahkan mereka sangat berterimakasih karena merasa telah dibantu saat dirawat di rumah sakit,'' katanya. 

Ditegaskan, bahwa di RSUD Kajen tidak pernah membeda-bedakan baik itu pasien rawat inap yang membayar maupun gratis. Semua diperilakukan sama dengan pelayanan maksimal. Budaya 3S Senyum, Salam, dan Sapa kepada semua pasien adalah budaya pelayanan yang selalu ditekankan di RSUD Kajen. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.