Fadia Salurkan Bantuan Alat Pertanian

Bantuan Pertanian diberikan langsung oleh Bupati Pekalongan.




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Guna mendorong produktivitas dan kualitas hasil pertanian, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dilaksanakan di Balai Desa Krandon Kecamatan Kesesi, Rabu (15/06).


Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengucapkan selamat kepada para petani karena mendapatkan bantuan alat pertanian. Karena harga alat tersebut tergolong mahal.


"Pemberian bantuan alat tersebut bukan 'kaleng-kaleng' kalau orang Jakarta bilang karena cukup mahal. Apalagi alat mesin Combine Harvester yang diberikan merupakan salah satu spek tertinggi di Indonesia," ungkap Fadia. 


Adapun bantuan alat pertanian yang diberikan, selain mesin panen padi Combine Harvester, juga ada mesin Rice Miling Unit (RMU), rumah Rice Miling Unit. Kemudian adapula bantuan cadangan pangan pemerintah kepada desa rentan rawan pangan prioritas 1 berdasarkan peta ketahanan dan kerentanan pangan. Diantaranya Desa Lambangggelun, Paninggaran, Desa Punganan Doro dan peralatan pascapanen tembakau. 


"Kami harapkan bantuan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas hasil panen. Bukan hanya kelompok tani yang mendapatkan bantuan, namun juga bermanfaat bagi kelompok tani di desa tetangga karena dengan menggunakan mesin ini, setelah panen para petani bisa mengolahnya dengan cepat dan hasilnya pun bagus,'' ujar Bupati.


Diakui apabila hasilnya bagus, maka ketahanan pangan di Kabupaten Pekalongan juga bakal meningkat. Dengan demikian nantinya bisa berpengaruh terhadap kondisi pertanian di wilayah akan meningkat. Apabila ketahanan pangan semakin meningkat maka kesejahteraan rakyat akan lebih bagus.


Menurutnya bantuan tersebut bakal kembali diberikan kepada kelompok tani di seluruh Kecamatan Kota Santri yang belum menerima. Namun demikian, bantuan itu diberikan secara bertahap karena anggaran untuk tahun ini di sektor pertanian masih terbatas. 


''Insya Allah bantuan alat mesin dan sarana untuk panen para petani tidak berhenti di sini. Kami akan mengusahakan untuk memberikan kepada kelompok tani yang belum memiliki alat ini secara bertahap,'' ucapnya.


Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Yudhi Himawan dalam sambutanya mengatakan, Desa Krandon adalah salah satu desa yang mendapatkan bantuan.


"Bantuan alat pertanian yang diberikan berupa combine Harverster kepada Gapoktan Subur Makaryo Desa Krandon Kesesi senilai Rp 430.841.000, mesin Rice Miling Unit (RMU) senilai Rp 335. 500.000, rumah Rice Miling Unit senilai Rp180. 000.000. Selain alat pertanian juga diserahkan bantuan cadangan pangan pemerintah Kabupaten Pekalongan 2021," jelasnya.



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.