Percepatan Booster, PMI Kabupaten Pekalongan Gandeng AIHSP

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan, Arini Harimurti saat mendampingi perwakilan Kedubes Australia, melihat vaksinasi Lansia.




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, bekerjasama dengan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) mengadakan vaksinasi khusus untuk lansia dan divabel bertempat di Aula Kecamatan Kedungwuni, Minggu (19/6).


Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti menuturkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam pertahanan kesehatan.


"Pelaksanaan vaksinasi ini dari 9 kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten Pekalongan salah satunya," ucap Arini.


Hal ini dilakukan karena cakupan booster di Kabupaten Pekalongan masih rendah, dan memang khusus menargetkan para lansia dan difabel. Akan tetapi juga melayani masyarakat umum yang ingin melakukan vaksinasi dan kegiatan hari itu melampaui target yang ditetapkan.


"Untuk hari ini ditargetkan sebanyak 180 orang. Dalam pelaksanaannya melebihi target. Umum saja 197, disabilitas 6, dan lansia 186," ujar Arini. 


Ia berharap, kegiatan vaksinasi dapat terus digelar hingga mencapai target yang ditetapkan pemerintah.


"PMI Kabupaten Pekalongan menyatakan siap mendukung kegiatan vaksinasi di Kabupaten Pekalongan," tandasnya.


Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar menjelaskan, Pemkab menargetkan capaian vaksinasi booster untuk lansia dan difabel sebesar 40 persen hingga Agustus 2022 nanti.


Saat ini capaian vaksinasi booster di Kabupaten Pekalongan masih 14 persen, oleh karena itu capaian vaksinasi ini perlu dikejar terus.


"Vaksin kita terutama yang perlu didorong adalah vaksin booster. Kabupaten Pekalongan diangka masih 14 persen sampai 15 persen, ini yang perlu didorong. Sementara cakupan vaksin dosis 1 sudah 87 persen, kemudian yang vaksin 2 di 74 persen," ujar Akbar.


Pihaknya mengungkapkan, capaian vaksinasi 14 persen itu masih diangka 105.841 orang. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dan kerjasama yang baik antar instansi di Kabupaten Pekalongan dalam penyelenggaraan percepatan vaksinasi.


"Saya juga ucapkan terimakasih kepada bapak Kapolres, ini luar biasa di Hari Bhayangkara ini ngebut percepatan vaksinasi. Termasuk hari ini kita korelasikan juga dapat dukungan dari kawan-kawan PMI yang bekerjasama dengan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP)," pungkasnya.



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.