Sindikat Pembobol Minimarket Lintas Wilayah Dibekuk




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Sindikat pembobol minimarket berhasil diringkus Tim Resmob dibantu Anggota Sat Reskrim Polres Pekalongan. Dari empat pelaku, satu masih buron. Mereka beraksi di sembilan wilayah termasuk Kabupaten Pekalongan.


Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria mengatakan, sembilan daerah wilayah aksi mereka ialah Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Cirebon, Indramayu, dan Karawang. Saat diringkus, pelaku belum sempat menjual barang-barang hasil kejahatan.


"Komplotan ini berangkat ke Pekalongan dengan menyewa (rental) kendaraan roda empat. Kerugian minimarket ditaksir sekitar Rp 40 juta," kata Kapolres. 


Lebih lanjut AKBP Arief menegaskan, keempat pelaku itu adalah Roby Vahlefy, 32 (asal Cianjur, Jabar),  Kepen, 45 (Sukabumi), Asep (Jabar) dan Ipin (Jabar). Dari empat pelaku hanya Roby dan Kepen yang dihadirkan saat konferensi pers, Senin (13/6). Untuk Ipin sudah diserahkam ke Polres Kendal, sedangkan Asep masih dalam pencarian (buron).


"Roby dan Kepen diringkus karena aksinya di Alfamart Desa Rowokembu, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan pada 27 Mei 2022. Mereka beraksi pada pukul 00.30 wib. Roby bertindak sebagai sopir dan mengamati sekitar, sementara Kepen  yang mengeksekusi," tutur Kapolres. 


Salah seorang pelaku, Kepen mengaku jika sasaran mereka yakni minimarket-minimarket yang jauh dari permukiman. Sebelum beraksi, mereka melakukan survei terlebih dahulu. Dan Aseplah yang bertindak sebagai penyusun strategi.


"Semua yang merancang Asep, yang memilih sasaran juga dia. Kami yang eksekusi," ujarnya.


Mereka menggasak berbagai barang-barang seperti susu anak, sabun wajah, kosmetik, rokok, vitamin, kaos dalam, dan ponsel karyawan minimarket yang tertinggal. 



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.