Ashraff Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Optimis UMKM Bangkit Kembali

Ashraff Ketua Dekranasda

KFM PEKALONGAN, KAJEN - UMKM di Kabupaten Pekalongan sempat mengalami mati suri lantaran selama dua tahun dihadapakn pada Pandemi Covid-19. Namun seiring dengan telah makin meredanya pandemi, berlahan para pelaku usaha kecil menengah dapat bangkit kembali.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Muchtarudin Ashraff Abu menyampaikan, UMKM di Kabupaten Pekalongan sudah mulai bangkit dan terlihat hasilnya. Ada banyak jenis usaha unggulan, diantaranya industri makanan.  

Baca Juga :

"Jenis usaha unggulan di Kabupaten Pekalongan banyak sih. Industri makanan kita, pelaku UMKM nya kalau kita hitung kurang lebih ada 3.410 UMKM," ungkap Ashraff kepada KFM PEKALONGAN, diruang kerjanya, Rabu (23/11/2022).

Upaya yang dilakukan oleh Dekranasda cukup banyak agar UMKM tersebut bisa kembali hidup. Beberapa hal yang dilakukan adalah dengan mengadakan berbagai acara dan kegiatan, serta memberi pelatihan digital marketing dan shopee center.

Baca Juga :

" Itu memang kerjasama kita dengan salah satu marketplace. Untuk membantu para pelaku UMKM memasarkan produk-produk mereka secara online," katanya.

Selain itu, untuk memperluas pangsa pasar, Dekranasda kabupaten Pekalongan juga sering melakukan pameran keluar kota, luar pulau jawa hingga luar negeri. Harapanya bisa tembus Asia Tenggara, karena mereka menyukai sesuatu yang unik dan baru.

Baca Juga :

" Jadi kita coba untuk menembus pasar internasional dengan cara pertama kita buat pameran yang memperkenalkan dan disitu kita akan dapat buyer-buyer dari situlah kita kembangkan," jelas Ashraff.

Jumlah UMKM di Kabupaten Pekalongan selain kategori makanan cukup banyak. Industri Pakaian Jadi 5.430 UKM, Industri Tekstil 864 UKM,Industri kayu 2.255 UKM, industri farmasi 72 UKM, Industri barang galian bukan logam ada 283 UKM dan Industri lainnya ada 935 UKM.


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.