Panen Bawang Putih Memuaskan,Capai 15,5 Ton Per Hektare

Bupati bersama Kepala Dinas Pertanian panen bawang putih

PETUNGKRIYONO - Panen bawang putih ditengah wabah virus corona yang membuat harga bawang putih melejit,memunculkan optiomisme tersedianya kebutuhan komoditas ini.Apalagi hasilnya cukup memuaskan yakni 15,5 ton per hektarnya.

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pekalongan,Siswanto saat panen bawang putih bersama Bupati Pekalongan di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono,Sabtu (21/03/2020) mengatakan,kunci sukses menanam bawang putih adalah bagaimana membangkitkan semangat dan kekompakan petani agar mau menerapkamn teknologi yang dianjurkan dan dukungan pemerintah serta bimbingan penyuluh pertanian.

"Kemudian memang daerah atas, yakni Kecamatan Petungkriyono, Kandangserang, dan Lebakbarang iklimnya cocok untuk budidaya bawang putih,"ungkapnya.

Menurutnya,pada tahun 2018 DKPP mencoba budidaya bawang putih di lahan seluas 10 hektare di Kandangserang, dan hasilnya cukup bagus, yakni sampai 8 ton perhektare.


Hasil panen sangat memuaskan yakni mencapai 15,5 Ton per Hektare

Sehingga, pada akhir 2019 dikembangkan lagi di Petungkriyono seluas 20 hektare, Lebakbarang 10 hektare, dan di Kandangserang seluas 20 hektare,dengan pertumbuhan bawang putih yang bagus dan memiliki umbi yang besar.

"Dari hasil ubinan, di Petungkriyono ini dari sampling 2,5 meter dihasilkan 9,5 kg, sehingga untuk luasan 1 hektare menghasilkan 15,5 ton. Di daerah lain yang biasa menanam bawang putih seperti di Temanggung panennya sekitar 6-8 ton," ujarnya.

Ke depan pihaknya akan mencoba dengan varietas baru, sehingga hasilnya diharapkan bisa 20 ton perhektare.

 "Petani daerah atas biasa membudidayakan hanya solong, wortel dan kentang. Dengan bawang putih ini bisa ada diversifikasi tanaman sehingga usaha taninya bisa lebih maju," tandasnya.
Dengan harga bawang putih yang saat ini bagus, maka budidaya bawang putih berpotensi mengangkat pendapatan petani.Selain itu Dinas Provinsi Jateng melalui Badan Pengawasan Benih juga akan menjadikan wilayah petungkriyono sebagai tempat pembenihan bawang putih.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.