Hujan Deras,Talud SD Kaliombo Longsor!


KAJEN - Talud SD Kaliombo  Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan longsor,setelah sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah tersebut,Sabtu sore (24/10/2020). 

Longsoran talud tebing setinggi kurang lebih 20 meter dan lebar 30 meter tersebut menimpa kandang sapi milik bapak Supar (55) warga Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.Beruntung tidak ada korban jiwa.

Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo saat dihubungi menuturkan,sebelum terjadinya longsor, sekitar pukul 12.30 WIB di daerah Kaliombo diguyur hujan dengan intensitas rendah.


"Lalu, sekitar pukul 13.15 WIB intensitas hujan meningkat dan pada pukul 15.00 WIB terjadi longsor. Warga dan perangkat desa melaporkan kejadian ini ke kecamatan dan BPBD," ungkapnya.

Selanjutnya,setelah hujan reda masyarakat dibantu perangkat desa, TNI dan Polri langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan longsoran tersebut.

"Hari ini (kemarin) tim gabungan bergotongroyong sedang melakukan pembersihan longsoran tanah tersebut," tuturnya.

Menurutnya, longsor terjadi akibat dari curah hujan yang tinggi dan tanah yang labil sehingga tidak mampu menahan guyuran air hujan.


"Kami dari BPBD mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk selalu siap siaga menghadapi datangnya bencana secara tiba-tiba untuk menghindari jatuhnya korban jiwa saat hujan lebat turun.Bisa secara mandiri melaksanakan pemotongan dan perapian pohon-pohon disekitar rumah yang rawan tumbang di tepi jalan serta selalu berkoordinasi dengan pihak terkait.Bisa juga, mengadakan kerja bakti atau gotong royong di lingkungan masing-masing untuk membersihkan sungai atau saluran air dari sampah yang mengganggu aliran air guna mencegah kejadian banjir," tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.