Belasan Rumah di Pekalongan Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung

puting-beliung


SRAGI - Ratusan rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung,30 diantaranya mengalami rusak berat.Angin puting beliung menerjang Desa Kalijambe Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan,pada waktu subuh,Rabu kemarin. (24/02/2021).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi  beserta jajarannya,Sabtu sore (27/02/2021) meninjau langsung ke Desa Kalijambe untuk mencarikan solusi di tengah-tengah kesibukannya menangani banjir yang ada di wilayah utara Kabupaten Pekalongan.

“Ada Bencana angin puting beliung di desa Kalijambe kecamatan Sragi , korbannya memang cukup banyak. Terutama kerusakan fisik rumah ada  102. Tapi setelah diidentifikasi tinggal kira-kira 30 rumah yang perlu mendapat  atensi khusus dari pemerintah,”ungkapnya.

Dikatakan,saat ini wilayah kecamatan Sragi sedang digalakkan siaga angin puting beliung. Pasalnya Di kabupaten Pekalongan ada salah satu Dukuh di desa Kalijambe  terkena dampak dari angin puting beliung yang cukup serius karena ada  102 rumah rusak.  

“ini juga memberi warning kepada kita agar selalu mencermati data-data yang dikirim oleh Bapak Gubernur  berdasarkan review dari data BMKG, itu kan mesti ada progress/report untuk selalu waspada. Kabupaten Pekalongan disamping kita waspada banjir, mudah-mudahan hari ini kondisinya semakin baik. Kemarin dua hari yang lalu sudah turun 50 cm, ini mudah-mudahan bisa surut se mata kaki sehingga  masyarakat bisa normal kembali beraktifitas, “tuturnya.

Bupati juga meminta Camat dan Kades setempat untuk lebih waspada lagi karena daerah yang awalnya diprediksi aman dari banjir, ternyata kena musibah angin puting beliung. Namun ia menyadari kejadian tersebut merupakan bagian dari siklus alam, dan ia berpesan agar diterima dengan sabar serta menyiapkan  manajemen kebencanaan.

“ Alhamdulilah Pak Kades nya sigap, dibantu seluruh warga desa secara mandiri, rumah-rumah
 korban angin puting beliung  sudah banyak yang diperbaiki. Nanti pemerintah tinggal menutup kekurangan-kekurangannya saja,”tandasnya.

Sementara itu Muhammad Ihwan selaku Kades Kalijambe Sragi mengungkapkan  musibah angin puting beliung yang terjadi waktu subuh tersebut berlangsung sekitar  1-2 menit.

"Pas waktu subuh, menimpa di 4 dukuh di ,total ada 102 rumah yang mengalami kerusakan. Namun setelah dilakukan pendataan oleh BPBD,  ada sekitar  30 rumah yang sangat perlu dibantu,"terangnya.

Ihwan juga mengatakan pihaknya telah menerima bantuan dari berbagai pihak.

 “Alhamdulilah kami sudah terima bantuan dari TNI Polri, BPBD, dan sebagian sudah kami salurkan kepada warga yang terdampak,”pungkasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.