Untuk Mempermudah 3T, Polres Pekalongan Tempeli Stiker Rumah Warga Isoman

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Salah satu cara untuk memangkas penyebaran covid-19 adalah dengan melakukan Tracking, Tracing dan Testing (3T). Adapun guna mempermudah pelaksanaan 3T yang dilakukan oleh satgas covid tersebut, Polres Pekalongan memberikan tanda berupa stiker di rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman). 

Kepala satuan Binmas Polres Pekalongan, IPTU Qurotul Aini, kepada Kfm Pekalongan, Rabu (4/8/2021) menjelaskan, penempelan stiker itu mulai diterapkan pada masa PPKM darurat kemarin. Hal itu supaya para petugas tracer lebih mudah melakukan pemantauan, mengingat jumlah warga yang menjalani isolasi mandiri cukup banyak. 

"Terkait dengan kegiatan pemasangan stiker untuk warga masyarakat yang sedang melaksanakan isoman, untuk memudahkan bahwa kita itu sudah melaksanakan tracking terhadap masyarakat yang sedang melaksankan isoman. Kolom stikernya itu dia isoman dari tanggal berapa dan selesai tanggal berapa. Lebih terinci jadi disitu ada namanya siapa, terus bidan desanya siapa, nomer hp nya." 

Selain untuk memudahkan satgas covid dalam melakukan pemantauan, tujuan lain pemasangan stiker di rumah warga yang sedang isoman itu agar masyarakat yang ada di sekitarnya dapat ikut peduli. Adapun kepedulian yang diharapkan misalnya membantu ketersediaan makanan, menjaga kondusiftas serta mematuhi protokol kesehatan. 

"Bahwa masyarakat yang disekitarnya supaya peduli juga bahwa tetangga kita ada yang isoman. Jadi kepedulian dari tetangga sekitar itu wajib ataupun perlu untuk mereka yang sedang melaksanakan isoman. Dan itupun kalau warganya sudah sembuh itu langsung dilepas." 

Dikatakan oleh Aini, kendala yang ditemui adalah tidak semua warga yang isoman bersedia ditempeli stiker di rumahnya. Terhadap hal itu pihaknya tidak dapat memaksakan namun tetap akan dilakukan tracing serta didata dan dipantau oleh petugas dari satgas covid. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.