Pemkab Pekalongan Targetkan Vaksinasi Dapat Selesai Desember 2021

KFM PEKALONGAN, KESESI - Pemerintah Kabupaten Pekalongan mentargetkan bulan Desember 2021 vaksinasi di Kabupaten Pekalongan dapat terselesaikan. Untuk itulah kini Pemkab terus melakukan vaksinasi massal di sejumlah wilayah. 

Wakil Bupati Pekalongan, Riswadi mengatakan, guna mengejar target tersebut berbagai program atau metode telah dilakukan, dan salah satunya adalah program vaksinasi keroyokan. Hal itu disampaikan wakil bupati, Rabu (1/9/2021) saat meninjau vaksinasi massal di Desa Srinahan dan Karyamukti, Kecamatan Kesesi. 

"Vaksinasi di Desa Srinahan Kecamatan Kesesi ini bentuk Vaksinasi keroyokan dengan 1200 target sasaran. Untuk itu kami harapakan target di Kabupaten Pekalongan, Desember 2021 selesai semua. Ini salah satu bentuk mekanisme vaksin keroyokan. Jadi tidak di titik keramaian umum tetapi langsung masuk ke desa. Jadi ditracking nya gampang. Ada vaksin untuk anak anak dan dewasa." 

Menurut Riswadi, sejauh ini dari pengamatannya, antusias masyarakat dalam mendapatkan vaksin cukup tinggi, sehingga harapannya, dengan semakin banyak masyarakat yang tervaksin maka akan semakin dapat mengurangi jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Pekalongan sehingga kehidupan bisa kembali berjalan normal. Namun demikian Riswadi menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Untuk saat ini kita masih level 3, tapi akan menurun karena Bed Occupancy Rate (BOR) kita rendah, kasusnya juga rendah. Hanya mungkin pelaporan trackingnya lambat. Dalam waktu dekat mungkin kita level 2, dan kegiatan sudah bisa dilonggarkan tapi tetap prokes dijaga. Kalau tracking tracing nya sepadan dengan berjalannya vaksinasi, saya rasa level 2 akan segera kita capai." 

Sementara untuk capaian vaksin di Kabupaten Pekalongan saat ini baru mencapai 26 persen, namun Riswadi optimis, jika program vaksinasi massal ini terus dilakukan secara konsisten maka pada bulan Desember nanti angka 80 persen akan dapat tercapai. 

"Untuk saat ini kita ketergantungan stok vaksin dari pusat. Kalau vaksin ada maka langsung kita garap sehingga cepat selesai. " 

Lebih lanjut ditambahkan oleh Camat Kesesi, Ajid Suryo Pratondo,bahwa vaksinasi massal di dua Desa yaitu Srinahan dan Karyomukti ditargetkan 2.200 warga. Vaksinasi terbagi di lima lokasi untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. 

"Kegiatan dilaksanakan di SD 1 dan 2 Karyomukti dengan sasaran 900 vaksin. Kemudian di SD 1 dan 2 serta Balai Desa Srinahan 1200 jenis AZ dan 100 Sinovac jadi total sasaran dua desa 2200," kata Ajid. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.