Masker dan Vaksin Pasangan Ideal Mencegah Gelombang Covid di Akhir Tahun

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Masyarakat dihimbau agar tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun saat ini Kabupaten Pekalongan sudah berada pada titik aman kasus Covid-19. Kewaspadaan tetap perlu dilakukan mengingat dibeberapa negara seperti Singapura, Australia dan Amerika sudah terjadi gelombang Covid jilid 3. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro, Selasa (2/11/2021). 

Jika dicermati, kasus Covid mengalami peningkatan setidaknya dalam rentang waktu tiga bulan. Dulu awal puncak Covid terjadi pada bulan Maret kemudian melandai dan mulai naik lagi pada bulan Juli. Berdasar dari pengalaman itu, maka tidak ada salahnya bila waspada dan bersiap terhadap kemungkinan gelombang Covid jilid 3 di penghujung tahun atau bulan Desember meskipun tentu harapannya hal itu tidak terjadi. Apalagi di bulan itu terdapat libur natal dan tahun baru yang pasti akan ada mobilisasi massa. 

"Harapan kami tidak terjadi kan gitu, walaupun di negara lain terjadi. Tetapi harus kita waspada karena kedepan ada libur natal dan tahun baru. Datangnya virus kita tidak tahu, karena mobilitas orang dari luar wilayah yang masih terjangkit masuk ke kita kan juga banyak. Kita tahu transmisi daripada virus corona itu hanya dari orang ke orang bukan dari yang lain, kewaspadaannya disitu." 

Lebih lanjut Wawan mengatakan, pencegahan paling efektif saat ini adalah vaksin dan masker. Dua hal itu jika dilakukan maka setidaknya bisa meminimalisir terjadinya penularan virus corona. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat meskipun sudah divaksin namun harus tetap mengenakan masker terutama ketika sedang diluar rumah. Sebab vaksin tidak membuat tubuh jadi kebal Covid namun supayak sistem antibodi atau herd immunity meningkat. 

"Individu-individu harus protektif betul. Yang belum vaksin segera vaksin. dan yang perlu diingat, vaksin dan masker merupakan pasangan ideal yang harus dilakukan, pakai masker dan divaksin. Walaupun sudah divaksin, individu- individu belum tentu mendapatkan kekebalan yang optimal, itu yang perlu diwaspadai. Divaksin kok masih terjangkit, kemungkinan karena tidak terjadi kekebalan yang optimal." 

Wawan menegaskan, agar jangan lengah terhadap situasi yang sudah kondusif sekarang sebab Covid bisa datang kapan saja dan melalui siapa saja. Meskipun sudah divaksin namun tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Tetap pakai masker, sering-sering cuci tangan, hindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.