Meski Zona Hijau,Rapid Test Masal Tetap Digalakan


KAJEN - Walaupun sudah masuk zona hijau Pemkab Pekalongan tetap akan melaksanakan rapid tes masal.Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pekalongan,Asip Kholbihi usai memimpin rapat koordinasi dan evaluasi Penanganan Covid-19 di Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan,Kamis (25/06/2020).

"Jadi di Kabupaten Pekalongan ini ada 12 orang yang positif Covid-19.Lima orang dinyatakan sembuh,satu orang meninggal dunia dan enam orang masih  dirawat.dari 6 yang dirawat yang 3 kondisinya sehat karena sudah 45 hari dirawat.Intinya walaupun kabupaten pekalongan berada di zona hijau,namun rapid tes tetap kita galakan terus,"ungkapnya.

Menurutnya,saat ini sudah ada 2.800 orang yang dirapid test dan masih akan dilakukan lagi rapid test terhadap  2.200 orang.

" Kita akan melakukan rapit tes sebanyak 2.200 lagi.Dari 2.200 rapid tes diprioritaskan untuk tenaga kesehatan,dengan sampling 5.000 sudah cukup ya karena jumlah penuduk kita 800 ribu,jadi itu cukup menggambarkan kondisi real masyarakat kabupaten pekalongan," katanya.

Dikatakan,memasuki new normal berbagai kegiatan sudah dibuka seperti hajatan,pengajian dan tempat ibadah,namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Adapun untuk sekolah,pihaknya masih menunggu petunjuk dari  Kementrian terkait,krena resiko penulan Covid-19 diklaster anak diatas 20 persen.

"Untuk anak kita lebih hati-hati lagi,seperti Tempat Penitipan Anak kita belum mengijinkan buka karena resiko  penularan anak diatas 20 persen,termasuk pembukaan lembaga-lembaga formal kita masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat,"tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.