Menko PMK RI,Muhadjir Effendy Pastikan Beras Bansos Berkualitas Medium



KAJEN - Demi memastikan beras yang dibagikan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) berkualitas medium dan tepat timbangannya, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI,Muhadjir Effendy melakukan tinjauan ke Gudang Bulog Bondansari Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan,Selasa (29/09/2020).

"Hari ini saya melihat persedian beras bulog yang nanti akan dibagikan sebagai bantuan presiden untuk 10 juta keluarga penerima manfaat PKH masing-masing mendapatkan 15 Kg per keluarga per bulan,selama 3 bulan,total 45 kg,"ungkap Menteri Muhadjir Effendy.

Dikatakan,saat mengecek timbangan beras,ternyata ada beberapa karung yang beratnya kurang dari 15 kg.

"Tadi saya cek timbangannya,rata-rata sudah bagus 15 kg,tapi tadi memang ada yang kurang sedikit-sedikit,itu saya perintahkan kepada perwakilan bulog untuk memastikan lagi timbangannya,saya minta per karung harus pas 15 kilogram beratnya,"ujarnya.

Disebutkan,pihaknya juga memastikan beras yang disalurkan untuk keluarga penerima manfaat berkualitas medium lokal.

"Sesuai perintah presiden kualitas beras,berklasifikasi medium lokal jenisnya IR,kenapa lokal?karena produk lokal ketika dibeli oleh Bulog dan dijadikan bansos,agar daya beli petani meningkat.Jadi kalau beras bulog sudah habis,petani panen raya nanti akan diserap oleh bulog,"tuturnya.

Ditambahkan,pola penyerahan beras harus langsung ke keluarga penerima manfaat,tidak boleh dititipkan.

"Deliverinya harus sampai betul,tidak hanya dikirim tapi harus diterima keluarga penerima manfaat,tidak boleh dititipkan,tidak boleh ditumpuk disatu titik kemudian penerima disuruh ambil sendiri,itu tidak boleh,"tandasnya.

Sementara itu,Kepala Cabang Bulog Pekalongan, Ari Apriansyah menambahkan,penyaluran beras untuk bansos di Kabupaten Pekalongan sampai pada bulan ini baru terealisasi 17 persen dari 1200 ton.

"Penyaluran bansos pada bulan september ini dengan mekanisme dua alokasi,yakni satu keluarga penerima manfaat (KPM) menerima dua karung beras,berat per karung 15 kg,jadi total per keluarga  menerima 30 kg,"imbuhnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.