Dilantik, 57 Anggota Panwascam Kabupaten Pekalongan Siap Kawal Pemilu 2024


KFM PEKALONGAN, KAJEN - Setelah melalui berbagai tahapan, hari ini Kamis (27/10/2022) bertempat di Hotel Grand Dian, 57 anggota panwascam untuk pemilu serentak 2024 dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Ahmad Zulfahmi.

Sebelumnya, Anggota panwascam yang baru dilantik ini telah mengikuti serangkaian seleksi di antaranya seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

"Dari hasil tes tertulis ada 6 orang, lalu dites wawancara diambil 3 terbaik. Sehingga total yang dilantik sebanyak 57 orang. Nantinya, per kecamatan ada tiga orang,"ujar Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia.

BACA JUGA :


Anis mengatakan, anggota Panwascam yang dilantik mulai saat ini harus melaksanakan tugas pengawasan, penindakan, dan pelaporan. Semua itu hendaknya dilakukan secara tegas, terbuka dan adil dalam menerapkan aturan pemilu 2024.

BACA JUGA :

"57 anggota panwascam yang baru ini, 65 persen wajah baru. Lalu untuk prosentase perempuan yang menjadi panwascam sekitar 22 persen, ada kenaikan dibandingkan tahun lalu yang hanya 13 persen," katanya.

Ia menambahkan, tugas utama panwascam adalah melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu

"Hari ini anggota panwascam langsung action. Tugas pertama yaitu berkoordinasi dengan pemangku wilayah seperti muspika, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di wilayah kecamatan," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.