Semarakan Ramadan, Fadia Arafiq Buka Bazar UMKM di Wonopringgo

Fadia Arafiq buka bazar ramadan umkm

KFM PEKALONGAN, KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq membuka Bazar UMKM Ramadhan 1444 H, Jum’at (31/03/2023). Bertempat di UMKM Center Wonopringgo dan akan digelar selama 14 hari, mulai 30 Maret sampai 12 April 2023. Untuk jam operasional dari pukul 15.00 - 21.00 WIB.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, bazar ini merupakan salah satu upaya Pemkab Pekalongan dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan barang kebutuhan selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang lebih terjangkau, atau lebih murah dari harga pasaran. 

“Saya yakin bazar ini akan bermanfaat dan membantu bagi masyarakat, semoga pedagangnya juga akan mendapat hasil yang melimpah ruah,” kata Fadia.

Baca Juga :

Ashraff Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Optimis UMKM Bangkit Kembali

Pada kesempatan tersebut Fadia juga mengucapkan selamat Ulang Tahun ke – 43 kepada Dekranasda (Dewa Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Pekalongan. Semoga Dekranasda Kabupaten Pekalongan dibawah kepemimpinan Mukhtharuddin Ashraff Abu semakin eksis, semakin maju dan produk – produk Kabupaten Pekalongan semakin dikenal diseluruh Indonesia bahkan dunia. 

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya bazar ramadhan," ungkapnya.

Fadia berharap, Kementerian Koperasi dan UMKM  serta Dekranasda Kabupaten Pekalongan terus mensupport UMKM di wilayahnya. Berdasarkan data OSS per 31 Desember 2022, UMKM binaan Dekranasda saat ini berjumlah kurang lebih 67 ribu. Semoga mereka bisa lebih maju. 

Baca Juga :

UMKM Kabupaten Pekalongan Gelar Pameran di Bali, Produk Batik Tulis dan Jins Diminati Wisatawan Asing

“UMKM kita khususnya yang menengah kebawah masih perlu sentuhan dari kita. Mereka perlu kita ajarkan bagaimana menjual online, bagaimana memasarkan dan mengemas produknya lebih cantik, sehingga nilai produknya lebih tinggi. Jadi masih harus ada pembelajaran bagi mereka,” tegas Fadia.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pekalongan, Siti Masruroh menyampaikan, ada 62 stand pada bazar Ramadhan tahun ini, yang menjual bermacam produk seperti sembako, kuliner, fashion dan hijab, serta produk kerajinan. Selain itu akan dimeriahkan berbagai event hiburan, diskusi, santunan anak yatim, dan pasar murah sembako.

Baca Juga :

Jelang Puasa, Fadia Arafiq Pantau Harga Sembako di Pasar Kajen

"Tujuan diselenggarakannya bazar diantaranya dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan promosi serta meningkatkan pemasaran produk UMKM Kabupaten Pekalongan, pengendalian harga kebutuhan pokok masyarakat, serta dalam rangka peringatan HUT Dekranasda Kabupaten Pekalongan ke- 43," imbuhnya.

Sementara itu, dalam rangka mendorong pemasyarakatan inocaf, KPw BI Tegal berkolaborasi dengan pelaku usaha kuliner memfasilitasi demo masak berbahan baku inocaf. Selain itu juga memfasilitasi kerjasama produksi dan pemasaran inocaf antara KUB Windurojo Sejahtera dengan CV Samo Berdiri dari Lampung.

Baca Juga :

Fadia Arafiq Tinjau Puskesmas Talun yang Tergerus Aliran Sungai

"Ini sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kapasitas produksi dan perluasan pasar," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, Taufik Amrozi.

Melalui event ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mengoptimalkan berbagai upaya stabilisasi harga pangan seperti perluasan Kerjasama Antar

Daerah (KAD, serta pasar murah sembako yang dikoordinir oleh TPID, Bulog dan Badan Pangan Nasional.


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.